|
BP/BK mts nur anom gringsing batang |
A. PENGERTIAN |
|
Bimbingan dan konseling merupakan
proses bantuan psikologis dan kemanusiaan secara ilmiah dan professional
yang diberikan oleh pembimbing kepada yang dibimbing (peserta didik)
agar dapat berkembang secara optimal, yaitu mampu memahami diri,
mengarahkan diri, dan mengaktualisasikan diri, sesuai yahap
perkembangan, sifat-sifat potensi yang dimiliki, dan latarbelakang
kehidupan serta lingkungannya sehingga tercapai kebahagiaan dalam
hidupnya. |
|
B. TUJUAN |
|
Tujuan Bimbingan dan konseling adalah
membantu peserta didik dalam tugas perkembangannya agar peserta didik
memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki
sikap positif, dinamis terhadap perkembangan fisik dan psikisnya,
memiliki sikap mandiri secara emosional dan social ekonomi, memiliki
pola hubungan social yang baik di dalam keluarga, sekolah dan
masyarakat, memiliki prestasi belajar yang baik dan dapat merencanakan
dan mengembangkan karirnya. |
|
|
C. BIDANG-BIDANG |
1. |
Bidang bimbingan pribadi |
2. |
Bidang bimbingan social |
3. |
Bidang bimbingan belajar |
4. |
Bidang bimbingan karier |
|
|
D. SIFAT |
1. |
Pencegahan Masalah |
2. |
Penyembuhan berbagai permasalahan yang dialami oleh peserta didik. |
3. |
Perbaikan kondisi individu. |
4. |
Pemeliharaan kondisi individu yang sudah baik |
5. |
Pengembangan berbagai potensi dan kondisi positif individu |
|
B. FUNGSI |
1. |
Pemahaman tentang diri peserta didik, lingkungan individu, serta lingkungan yang lebih luas. |
2. |
Penyesuaian pribadi peserta didik. |
3. |
Penyaluran dalam memilih jurusan sekolah, jenis sekolah lanjutan, lapangan pekerjaan sesuai dengan cita-cita, bakat, minatnya. |
4. |
Pengadaptasian, khususnya guru untuk mengadaptasikan program kepada minat, kemampuan dan kebutuhan peserta didik. |
|
|
C. JENIS-JENIS LAYANAN |
1. |
Layanan Orientasi, membantu peserta didik memahami lingkungannya yang baru dimasuki. |
2 |
Layanan Informasi, peserta didik menerima, dan memahami informasi
yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan |
3 |
Layanan penempatan dan penyaluran kegiatan yang sesuai dengan potensi, bakat, minat, serta kondisi pribadinya. |
4 |
Layana Pembelajaran, peserta didik mengembangkan kebiasaan belajar yang sesuai dengan kemampuannya. |
5 |
Layanan Konseling, pembahasan dan pemecahan/penyelesaian permasalahan pribadi yang dihadapi. |
6. |
Layanan Bimbingan kelompok |
7. |
Layanan Konseling kelompok |
8. |
Layanan Konsultasi |
9. |
Layanan Mediasi |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar