15 Feb 2012

BP / BK

BP/BK mts nur anom gringsing batang

A. PENGERTIAN
Bimbingan dan konseling merupakan proses bantuan psikologis dan kemanusiaan secara ilmiah dan professional yang diberikan oleh pembimbing kepada yang dibimbing (peserta didik) agar  dapat berkembang secara optimal, yaitu mampu memahami diri, mengarahkan diri, dan mengaktualisasikan diri, sesuai yahap perkembangan, sifat-sifat potensi yang dimiliki, dan latarbelakang kehidupan serta lingkungannya sehingga tercapai kebahagiaan dalam hidupnya.
B. TUJUAN
Tujuan Bimbingan dan konseling adalah membantu peserta didik dalam tugas perkembangannya agar peserta didik memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki sikap positif, dinamis terhadap perkembangan fisik dan psikisnya, memiliki sikap mandiri secara emosional dan social ekonomi, memiliki pola hubungan social yang baik di dalam keluarga, sekolah dan masyarakat, memiliki prestasi belajar yang baik dan dapat merencanakan dan mengembangkan karirnya.
C. BIDANG-BIDANG
1. Bidang bimbingan pribadi
2. Bidang bimbingan social
3. Bidang bimbingan belajar
4. Bidang bimbingan karier
D. SIFAT
1. Pencegahan Masalah
2. Penyembuhan berbagai permasalahan yang dialami oleh peserta didik.
3. Perbaikan kondisi individu.
4. Pemeliharaan kondisi individu yang sudah baik
5. Pengembangan berbagai potensi dan kondisi positif individu
B. FUNGSI
1. Pemahaman tentang diri peserta didik, lingkungan individu, serta lingkungan yang lebih luas.
2. Penyesuaian pribadi peserta didik.
3. Penyaluran dalam memilih jurusan sekolah, jenis sekolah lanjutan, lapangan pekerjaan sesuai dengan cita-cita, bakat, minatnya.
4. Pengadaptasian, khususnya guru untuk mengadaptasikan program kepada minat, kemampuan dan kebutuhan peserta didik.
C. JENIS-JENIS LAYANAN
1. Layanan Orientasi, membantu peserta didik memahami lingkungannya yang baru dimasuki.
2 Layanan Informasi, peserta didik menerima, dan memahami informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan
3 Layanan penempatan dan penyaluran kegiatan yang sesuai dengan potensi, bakat, minat, serta kondisi pribadinya.
4 Layana Pembelajaran, peserta didik mengembangkan kebiasaan belajar yang sesuai dengan kemampuannya.
5 Layanan Konseling, pembahasan dan pemecahan/penyelesaian permasalahan pribadi yang dihadapi.
6. Layanan Bimbingan kelompok
7. Layanan Konseling kelompok
8. Layanan Konsultasi
9. Layanan Mediasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar